Holiday - Greenday

Sunday 23 November 2014

Tips: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan dan Diketahui Sebelum Membeli Sebuah Laptop ?

Apa saja yang anda harus diketahui Sebelum Membeli Laptop atau Komputer. Pertimbangan ini sangat perlu anda ketahui,  karena mengingat sekarang ini semakin marak dan populernya orang menggunakan Laptop.  Jika dulu Laptop digunakan oleh para profesional dan eksekutif, sekarang pengguna rumahan sudah menggunakannya dan menggantikan komputer desktop.
Adanya perubahan kebiasaan dan kemudahan mendapatkan serta bergabung ke jaringan wifi atau hotspot menjadikan laptop semakin populer. Ketika membeli sebuah laptop kita harus memahami akan kebutuhan dalam  menggunakannya untuk menghindari kewalahan yang terjadi pada laptop kita. Untuk itu hal- hal yang perlu diperhatikan dalam membeli laptop adalah sebagai berikut :

  • Prosesor
Sebagai otak komputer Anda, prosesor sangat bertanggung jawab untuk menjalankan tugas harian Anda dengan lancar. Pilihlah prosesor yang cukup cepat bekerja atau berspesifikasi tinggi dengan kekuatan ekstra untuk hal-hal yang mungkin ingin Anda lakukan nanti.  Contoh : intel Core 2 Duo
  • RAM
Random Access Memory, lebih dikenal sebagai RAM, merupakan bagian dari komputer Anda yang menyimpan informasi selama Anda menggunakannya. Jika Anda berencana untuk menggunakan Komputer / Laptop untuk tugas-tugas yang menuntut lebih seperti mengedit video atau bermain game. Lihatlah RAM berkapisitas 1GB atau lebih, jika perlu anda menambahkannya.
  • Hard Drive
Hard drive atau hard disk adalah tempat Anda menyimpan file dan program pada komputer Anda. Tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk Komputer / Laptop Anda, ada berbagai macam hard drive dalam berbagai ukuran dan kecepatan. Lihat Hard drive yang lebih besar dan Anda juga bisa menambahkan hard drive portable atau thumb drive jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.
  • Ukuran layar
Diukur secara diagonal layar dalam inci pada semua peralatan.jenis layar pada sebuah laptop,yang biasa disebut LCD,umumnya lebih tipis,lebih ringan,dan lebih efisien,daripada Cathode Ray Tubes (CRTs) atau jenis tabung. Ukuran layar laptop kisaran 10,6-20 inci.laptop yang ringan,umumnya memiliki layar yang lebih kecil. Karena ukuran layar merupakan faktor kunci dalam menentukan berat keseluruhan.Setiap tampilan yang lebih kecil dari 14 inci,dianggap kecil dan tidak ideal untuk menonton video atau bermain games.
  • Video Card
Laptop yang lebih besar memiliki ruang untuk kartu video khusus dengan memori sendiri,daripada video chip pada motherboard,dengan berbagi memori komputer.Kartu memungkinkan video bergerak cepak tampak alami dan halus,terutama berguna untuk video dan games.
  • Optical Drives
Hampir semua laptop saat ini sudah menggunakan CD/DVD drive.Pada model yang lebih kecil mungkin menjadi eksternal drive yang terhubung ke laptop.Drive ini berguna untuk menjalankan program2 seperti memutar video atau music yang berjalan.
  • External Drives
Ada berbagai jenis dan ukuran External Drives yang tersedia di pasaran saat ini.Dibalik teknologi ini adalah menyediakan ruang penyimpanan tambahan atau cara yang mudah untuk mentransfer file antar laptop.
  • PC dan Express Card Slot
Pc card ukurannya serupa karu kredit,dan dapat memberikan banyak koneksi untuk laptop anda.Beberapa kartu memiliki port USB tambahan untuk komputer anda,yang lainnya mungkin memiliki modem,Ethernet,atau koneksi nirkabel.Hampir semua laptop memiliki setidaknya satu PC Card,sementara beberapa bahkan memiliki dua.
  • Networking (Jaringan)
Kebanyakan laptop memiliki port modem yang lebih tua,digabungkan dengan Ethernet yang lebih baru dan antenna nirkabel.Ethernet lebih cepat dan menyediakan konektitivitas yang lebih baik daripada modem,sedangkan jaringan nirkabel menjadi tersedia dibanyak tempat.satu2nya kelemahan utama dari antenna nirkabel adalah menggunakan baterai tambahan.
  • Bluetooth
Sebuah bluetooth pada laptop dapat tersambung ke PDA,ponsel atau printer tanpa menyiapkan jaringan atau sambungan kabel.Adaptor ini tersedia pada banyak notebook,meskipun dengan biaya tambahan untuk harga asli.
  • Multimedia Card Slots
Fitur penting bahwa hampir semua laptop memiliki slot kartu multimedia,untuk download foto digital dan video dari kamera anda.
  • Keyboard and Pointing Device
Salah satu yang perlu di perhatikan juga dalam membeli laptop adalah keyboard.Umumnya keyboard laptop di tentukan dengan ukuran dan kenyamanan,jadi anda harus pintar2 dalam memilih.
  • Webcam
Fitur umum lainnya pada laptop adalah built-in webcam.
  • Baterai
Yang membuat laptop menjadi portable adalah baterai.Dengan model2 baru yang telah ada di pasaran,dapat menjalankan sebuah laptop selama sekitar 7 jam.Tapi baterai tidak penting untuk sebagian orang,jka laptop anda dipakai kerja lalu dihubungkan ke soket listrik.
  • Garansi
Garansi untuk laptop biasanya berkisar dari satu sampai tiga tahun.Jika produsen laptop hanya menawarkan satu tahun,sebagai jaminan hampir selalu mencakup dukungan teknis.

Demikian Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan dan Diketahui Sebelum Membeli Sebuah Laptop

No comments:

Post a Comment