Holiday - Greenday

Sunday 23 November 2014

Cara Membuat Aplikasi Installer Menjadi Portable Dengan Universal Extractor dan WinRAR

Cara Membuat Aplikasi Portable
Pertama Download dan install dulu Universal Extractor dan WinRAR ke Komputer/Laptop anda. Lalu buka Windows Explorer dan siapkan installer program yang akan dijadikan aplikasi portable di PC anda.

Kedua,Simpan dalam satu buah folder contoh, Game Call Of Duty menggunakan installer file COD. Klik-kanan pada file installer tersebut, lalu pilih (UniExtract to Subdir).

Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai, yang ditandai dengan munculnya boks Command Prompt.

Jika muncul boks berisi pilihan mode ekstraksi pilih opsi paling atas, lalu klik OK. Hasilnya setelah proses ekstraksi adalah folder dengan nama yang sama dengan file installer.

Lalu double klik pada folder hasil ekstraksi . Jika banyak pilihan, carilah folder yang berisi file berekstensi EXE.

Pada Game Call Of Duty file aplikasi tersebut bernama “COD.exe” dan berada pada folder “Main”. Pilih semua isi folder tersebut ( [Ctrl] + [A] ), lalu klik-kanan dan pilih (Add to archive…) Untuk mengkompresi data ke winRar.

Pada boks WinRAR yang tampil, isikan nama file aplikasi portabel pada “Archive name”. Klik Create SFX archive. Pada menu “Compression method”, pilih Best. Selanjutnya, klik Advanced Lalu Klik tombol (SFX Options).

Dan di tab “General”, Masukan boks isian “Run after extraction” dengan nama file aplikasi berekstensi EXE yang Agan temukan di Langkah tadi. Untuk Call Of Duty di sini, Game Call Of Duty akan mengisinya dengan COD.exe.

Lalu Klik tab "Modes" lalu pilih "Unpack to temporary folder". Klik "Hide all"(untuk menyembunyikan komponen-komponen aplikasi) pada “Silent mode”, dan "Overwrite all files" pada “Overwrite mode”.
Setelah itu Klik OK, dan klik OK lagi pada boks dialog Archive name and parameter. Tunggu deh Prosesnya 

Apabila di folder yang kita kelola (berisi aplikasi yang kita jadikan aplikasi portable)muncul file baru berekstensi EXE dengan nama yang sesuai dengan yang telah dimasukkan pada Langkah 4.Maka anda berhasil membuat aplikasi portable.

No comments:

Post a Comment